Sabtu, 01 Desember 2012

Book review: Goodbye Happiness by Arini Putri


Judul: Goodbye Happiness
Penulis: Arini Putri
Desain Cover: Jeffri Fernando
Penerbit: Gagas Media
Tahun: 2012
Halaman: 312
ISBN: 978-979-780-593-7
I rate it 4/5 stars 



Summary:
Buku ini diawali dengan memperkenalkan Krystal Key, seorang artis Korea yang baru saja membatalkan rencana pernikahannya dengan Park Seungho secara sepihak. Fans Park Seungho yang merasa kecewa dan marah dengan tindakan Krystal pun menuntut penjelasan. Oleh karena itulah, Krystal dengan segera menjelaskan kepada semua media tentang apa yang telah terjadi. Di sinilah, cerita dimulai.

Semuanya berawal saat Krystal sedang menghadapi seleksi teater, dan saat itulah muncul Skandar - teman sekelasnya di IPA3 yang tiba-tiba saja memotret Krystal tanpa ia ketahui. Sejak saat itu pula, Skandar mulai duduk sebangku dengan Krystal di dalam kelas. Tanpa ia sadari, Skandar sudah masuk dalam kehidupannya; keduanya seperti saling membutuhkan satu sama lain dan tidak terpisahkan. Akan tetapi, kedekatan mereka sama sekali tidak mempunyai kejelasan; banyak orang yang mengira mereka mempunyai hubungan khusus, tetapi Skandar sama sekali tidak menanggapi demikian. Hubungan keduanya menjadi semakin erat saat rumah Skandar kebakaran, Ibu-nya meninggal, Ayah tirinya tidak mampu merawatnya - sehingga Skandar terpaksa tinggal bersama keluarga Krystal. Saat itu, Krystal telah menjadi Tink untuk seorang Skan.

Demi mengejar impiannya dan mendalami seni peran, Krystal akan melanjutkan studinya di Korea. Mengetahui hal tersebut, entah apa yang mendorong Skandar untuk juga pergi ke tempat yang sama - untuk mempelajari film studies, meskipun itu tidak sesuai dengan kesukaannya pada fotografi. Mengapa Skandar melakukan hal tersebut, Krystal tidak pernah tahu alasannya. Dan meskipun ia menginginkan penjelasan lebih lanjut dari Skandar, Krystal terlalu senang dengan kenyataan bahwa Skandar akan pergi bersamanya.
Kehidupan mereka di Korea pun dimulai, dan seiring dengan berjalannya waktu, banyak hal mulai berubah. Apalagi sejak Krystal mengenal seorang senior bernama Park Seungho yang selalu memberinya perhatian lebih. Skandar selalu marah saat ia melihat Park Seungho dekat dengan Krystal, bahkan meminta Krystal untuk tidak terlalu akrab dengan lelaki itu. Akan tetapi, apa yang harus Krystal lakukan saat ia melihat Skandar berduaan dengan seorang perempuan - seorang model cantik bernama Vanessa Ahn? Bagaimana kelanjutan kisah Krystal-Skandar-Park Seungho?






Simak kisah Krystal dalam menghadapi dilema antara 2 cowok yang akan dipilihnya dalam novel karya Arini Putri yang terbaru ini. Goodbye Happiness

Tema itulah yang menjadi topik bahasan utama Arini dalam novel Goodbye Happiness ini. Arini menghidupkan tokoh yang begitu real dengan segala keluguan dan kebingungannya menghadapi persoalan dilema ini.
Yang juga menarik dari novel ini adalah sejak prolog dimulai, pembaca sudah dibuat Arini penasaran akan cerita selanjutnya. Prolog yang membingungkan. Justru itu, semakin kebingungan kita membaca prolog, semakin kita penasaran akan kisah selanjutnya. Sepanjang membaca novel ini, tak pelak aku pun mengikuti suasana hati yang dirasakan Krystal. Hati yang galau, membutuhkan kepastian dari seorang cowok, yang kebingungan memilih 2 cowok mana yang lebih baik.
Dan oh iya, setelah membaca analogi Peter Pan-Tinkerbell di novel ini, aku jadi semakin tidak sabar untuk menghabiskan novel ini dalam waktu yang sesingkat-singkatnya! Bagaimana tidak? Cerita analogi Peter Pan-Tinkerbell yang digunakan, sangatlah menarik. Ah, bab menarik dalam novel ini memang bab 'A Fool Named Tinkerbell' yang digunakan untuk menggambarkan hubungan Krystal-Skandar. Awalnya tentu saja aku merasa sedikit sebal dengan sikap Skandar yang begitu dekat dengan Krystal, memberi banyak harapan pada gadis itu, melarangnya dekat dengan lelaki lain tanpa memberikan kejelasan hubungan; tetapi ia sendiri malah terus-menerus bertindak seenaknya dan tidak memikirkan perasaan Krystal. Dan aku sempat berpikir dalam hati mengapa Krystal tetap saja begitu mencintai Skandar. Meskipun begitu, setelah kupikir-pikir lagi, hal ini sangat mudah terjadi dalam kehidupan nyata; karena di satu sisi, Krystal mungkin selalu mempunyai harapan bahwa Skandar membalas perasaannya. Di sisi lain, Krystal juga tidak ingin kehilangan sosok Skandar yang selama ini ada di sisinya, sehingga ia menoleransi semua kelakuan Skandar.

Tema persahabatan tak ketinggalan dalam novel ini. Persahabatan yang absurd. Sulit dijelaskan. Sangat sulit.

Masih cukup banyak ruang untuk pengembangan plot memang tapi saya pribadi sih sudah merasa cukup. Di sisi lain, ada juga kekurangan dalam novel ini. Banyak sekali kesalahan tulisan. Aku menemukan 23 typo. Wuih, keterlaluan, kan? Aku udah protes langsung ke Mbak Arini. Dan kata beliau, typo-typo akan diperbaiki setelah novel ini memasuki cetakan ke-dua:) So, beli aja novel ini tepat cetakan ke-dua:p



 *NB: Novel ini diberi secara gratis oleh Mbak Arini. Aku memenangkan kuis-nya. So, tidak etis kalau aku tidak mengucapkan terima kasih ke penulisnya langsung. Mbak Arini. Ah terima kasih sekali, ya, Mbak! Jangan kapok-kapok ngasih novel gratis lagi:b

0 komentar:

Poskan Komentar

Thanx for you'r coming :)

 
Elphin Books Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template