Sabtu, 24 Desember 2011

Aturan dalam Basket



Posisi dalam permainan bola basket


  1. Point Guard (PG): Bertugas membawa bola dan memberikan passing pada temannya. PG mengatur irama permainan timnya, apakah cepat atau lambat. Biasa juga disebut playmaker. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang berbadan kecil tapi lincah dan jago mendribel.
  2. Shooting Guard (SG): Seperti namanya, SG adalah orang yang bertugas untuk menembakkan bola dari jarak yang cukup jauh. Dia harus cepat bergerak dan mencari posisi yang kosong untuk melepaskan tembakan. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang paling bagus akurasi shooting-nya.
  3. Small Forward (SF): SF bertugas mencetak angka. Dengan kata lain, seorang SF harus mampu menerobos pertahanan dan melakukan lay-up atau dunk, juga melakukan shoot dari jarak tertentu. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang punya tekhnik hebat dan jago mencetak angka.
  4. Power Forward (PF): PF bertugas me-rebound bola. Dalam pertahanan, rebound penting agar bola tak kembali ke tangan musuh. Dalam penyerangan, rebound penting untuk kembali menciptakan kesempatan membuat angka. Biasanya posisi ini dipegang oleh orang yang lompatannya tinggi dan badannya cukup besar untuk beradu fisik.
  5. Center ©: Center bertugas di pertahanan dan penyerangan. Pada pertahanan, dia harus mampu mengamankan ringnya dari tembakan jarak dekat seperti lay-up atau dunk musuh. Pada penyerangan, Center harus mampu melihat posisi teman-temannya dan memberikan umpan pada teman yang kosong (karena posisinya di tengah, sehingga mudah memberi umpan ke sisi mana pun). Selain itu dia pun harus kuat beradu fisik dengan musuh untuk mencetak angka di bawah ring. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang badannya paling tinggi dan besar.


Jenis pelanggaran

  1. Foul → melanggar pemain lawan dengan reaching atau posisi defence yang salah.
  2. Travelling → tidak mendribel bola dalam tiga langkah saat lari maupun berjalan
  3. Offensive Foul → saat pemain menabrak lawan yang berada dalam posisi hands uplcharge yang benar, saat pemain melakukan illegal pick
  4. Find Out → keadaan saat seorang pemain telah melakukan 5 kali foul biasa (FIBA) 6 kali foul (NBA), atau telah melakukan technical foul 2 kali dalam satu pertandingan. Pemain yang terkena foul out harus keluar dari lapangan pertandingan.
  5. Double Dribble → saat bola dalam keadaan mati, dan pemain kembali mendribel bola.
  6. Technical Foul → pelanggaran yang berhubungan dengan peraturan secara teknis seperti seseorang memprotes wasit terus-menerus dengan kasar, tidak menghargai wasit, mengeluarkan kata-kata kotor, melakukan kekerasan pada lawan, pemain yang berada di bench melakukan hal-hal yang tidak seharusnya, memaki, dan lain lain.
  7. Three Seconds Violation → pelanggaran yang terjadi apabila seorang pemain berada di are tembakan bebas (key area) selama 3 detik
  8. Offensive 3 Second → pelanggran karena diam di area tim lawan selama 3 detik pada saat lawan defense. Bola berpindah ke pihak lawan.
  9. Deffensive 3 Second → pelanggaran karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan melakukan offense. Lawan diizinkan melakukan sekali throw-in.
  10. 30-Second Violation (sekarang 24-second Violation) → pelanggaran pemain Tim A tidak melakukan shoot/lay-up/dunk ke ring lawan melewati batas 30 detik (sekarang jadi 24 detik). Bola berpindah ke Tim B.
  11. 10 Second Violation (sekarang jadi 8-second Violation) → Pemain Tim A tidak keluar dari posisi defense (setengah lapangan Tim A) selama 10 detik (sekarang jadi 8 detik) setelah bola dipegang oleh pemain Tim A yang lain yang melakukan offense dan sedang berada di area Tim B (setengah lapangan Tim B). Bola kemudian beralih ke Tim B.
  12. Back Ball/Back Court → pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.
  13. Blocking Foul → pelanggaran karena melakukan tindakan keras ketika menghalangi pemain lawan.
  14. Team Foul → pelanggarann pedalam 1 tim per babaknya. Apabila sudah mencapai 5 poin, akan diberikan free throw pada lawan.
  15. Personal Foul → pelanggaran perorangan maksimal 4 kali foul. Kalau sudah 5 kali maka akan dikenai foul out.
  16. Pushing → pelanggaran karena mendorong lawan main.

0 komentar:

Poskan Komentar

Thanx for you'r coming :)

 
Elphin Books Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template