Sabtu, 27 Oktober 2012

Book review: Dengerin Dong, Troy! by Ade Kumalasari


Judul               : Dengerin Dong Troy
Pengarang       : Ade Kumalasari
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Harga              : Rp 38.000,

Summary:
"Kenapa sih Din, aku belum punya pacar?" curhat Lintang ke sobatnya.
"Because you are sooo smart!" balas Dinda.

Dunia remaja Lintang kelihatannya begitu indah. Tapi bagi Lintang, hidupnya ya begitu-begitu saja. Bagaimana tidak? Lintang berasal dari keluarga tidak punya. Dan di umur yang hampir 17 ini, ia belum mempunyai pacar! Malu? Kirana tidak malu, melainkan dia penasaran. Penasaran bagaimana sih, rasanya mempunyai pacar?
Dinda, sohib terdekatnya Lintang mulai pasang aksi dengan menjodohkan Lintang dengan 5 calon pacarnya yang semuanya gak ada yang nyangkut di hati Lintang sampai Lintang harus menghadapi kenyataan bahwa Troy, teman yang selalu punya masalah soal relationship dengannya ternyata punya perhatian khusus pada Lintang. Usaha Dinda, sahabat Lintang memang tak sia-sia karena pada akhirnya Lintang bisa dekat dengan Troy dan mengetahui semua hal dibalik ketakwajaran sikapnya yang acuh tak acuh. Mulai dari sering cek-coknya Lintang dengan Troy, selalu mengacau di rapat OSIS, pulang lebih awal setiap pulang sekolah sampai rahasia hati yang dipendamnya selama ini.

Tema itulah yang menjadi topik bahasan utama Ade Kumalasari dalam novel Dengerin Dong, Troy ini. Dengan gaya bercerita dan segala pernik khas remaja, Ade menghidupkan tokoh yang begitu real dengan segala keluguan Lintang begitu dekat dengan keseharian. Seorang remaja beranjak dewasa yang menghadapi kenyataan bahwa ia berasal dari keluarga tidak mampu. Dengan ejekan teman, dia tetap berusaha enjoy. Bagaimanapun keadaan ekonomi orang tuanya, mereka tetap orang tuanya. Pelajaran berharga.

Nuansa riang-komedi dan tema persahabatan menyelimuti novel ini.
Yang juga menarik dari novel ini adalah sifat dingin si Troy. Dibalik sifat dinginnya, terdapat rahasia yang begitu kelam. Rahasia yang dunia tak boleh tau, karena jika dunia tau, ia akan menanggung malu.

Masih cukup banyak ruang untuk pengembangan plot memang tapi saya pribadi sih sudah merasa cukup. Kegalauan hati seorang gadis SMA, pintar dan harapan keluarga, cukup tergambarkan dengan baik. 
Di novel ini, kalian bakal menemukan banyak pelajaran yang amat sangat berharga. Salah satunya, tawuran. Yeah, kalangan remaja sekarang banyak yang melakukan tawuran, terutama pelajar SMA. Sudah banyak ditemukan pelajar tewas gara-gara mengikuti tawuran antar sekolah. Bahkan, banyak pelajar yang tidak ikut tawuran, malah jadi tawuran. Ckck, Indonesia sudah sangat miris, bukan? Jika mereka--para pelajar-- membaca novel ini, mereka pasti akan berpikir 2 bahkan berkali-kali untuk melakukan tawuran, hal yang sangat tidak patut untuk dilakukan. Karena di novel ini, kalian bakal mendapat pelajaran; apa sih resikonya kalau kita tawuran? BANYAK! Temukan di novel ini lah ya:)
 
Novel berisi cerita romantis, humor, dan PEMBELAJARAN. Benar-benar novel teenlit yang patut diacungi jempol. Mbak Ade Kumalasari berhasil membuat pembaca kagum!

                                                                  3/5 star from me!;)

0 komentar:

Poskan Komentar

Thanx for you'r coming :)

 
Elphin Books Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template