Sabtu, 12 November 2016

Aliran Absolutis Progresif

           Sebelumnya, kita sudah membahas aliran formalisme dan aliran kontruktivisme. Menurut buku Paul Ernest, pengikut aliran formalisme, logis, dan kontruktivisme adalah pengikut aliran absolutis. Namun, aliran absolutis ini ditolak, karena aliran ini mengatakan bahwa matematika pada dasarnya tidak terdapat kesalahan, semua aksioma bisa dibuktikan dengan teorema teorema. Nyatanya, ketiga kelompok (formalisme, logis, dan kontruktivisme) gagal untuk memastikan kebenaran matematika. Ketiganya hanya memasukkan logika deduktif untuk membuktikan kebenaran. Sedangkan logika deduktif hanya menyalurkan kebenaran, tidak memasukkan kebenaran, dan kesimpulan dari pembuktian logis sangat lemah.

            Lalu, apa dong aliran absolutis progresif? Apa bedanya dengan aliran absolutis? Nah, aliran absolutis sendiri memiliki dua macam, yaitu aliran absolutis progresif dan aliran absolutis formal. Aliran absolutis progresif ini berbeda, karena aliran ini adalah proses pencarian kebenaran matematika.

            Aliran ini tidak “kaku”, karena menerima sebagian perubahan-perubahan teori aksiomatis, yang kebenarannya sudah dianggap mutlak. Aliran ini juga sudah menganggap bahwa matematika memerlukan dasar untuk mendapatkan suatu teori. Selain itu, aliran ini juga menganggap “manusia” sangat berperan penting dalam terciptanya sebuah teori. Seperti aktifitas manusia yang membuat “teori itu tercipta.”

            Aliran ini sudah sangat “cocok” dengan kontruktivisme. Karena kontruktivisme membutuhkan pondasi yang kuat untuk mencari kebenaran, contoh saja dengan aktifitas manusia itu yang akan membentuk kebenaran sebuah teori.

            Elemen manusia sangat dipandang. Seperti “student center”dalam kontruktivisme yang sudah kita bahas sebelumnya.

            Itu gambaran singkat dari pengetahuan saya tentang aliran absolutis progresif. Jika ada kesalahan terhadap pandangan saya, silahkan ralat saya di kolom komentar J Saya tunggu, ya J

(Dirangkum dari presentasi kelompok PMT C Uinsa dan buku Paul Ernest)

0 komentar:

Poskan Komentar

Thanx for you'r coming :)

 
Elphin Books Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template