Minggu, 06 November 2016

Posisi Epistimologis dan Etik Filsafat Pendidikan Matematika

Sebelum kita membahas lebih dalam apa itu epistimologi, kita harus tau, apasih epistimologi itu? Epistimologi adalah faktor penting yang mendasari suatu pengajaran oleh seorang pengajar. Dan epistimologi pendidikan matematika adalah suatu ilmu yang dipelajari oleh pengajar sebelum mentransferkan ilmu matematika. Epistimologi penting bagi seorang pengajar, karena jika tidak ada epistimologi, transfer ilmu dari seorang pengajar ke siswa akan salah kaprah. Dengan adanya epistimologi pula, kita sebagai seorang pengajar bisa lebih mengenal hakikat dari pendidikan matematika. Over all, epistimologi adalah “jalan” bagi seorang pengajar.

Dalam konteks sekolah, epistimologi bisa dikaitkan dengan proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Dalam menjalankan pendidikan matematika, pengajar berperan sebagai fasilitator dan siswa harus lebih aktif dalam belajar dan tidak hanya sekedar duduk manis mendengarkan pengajar menerangkan. Mengapa jika ada epistemologi pendidikan matematika tetapi keberhasilan guru menyampaikan materi kepada murid berbeda-beda? Hal tersebut karena pandangan seorang guru tentang filosofi matematika itu berbeda-beda,jadi dalam hal praktik pendidikannya juga berbeda-beda.

Nah, untuk mengimbangi epistimologi, kita harus memerlukan etik untuk mencapai tujuan dari hakikat pendidikan matematika. Posisi etik disebut dalam Teori Perry. Berikut adalah beberapa etik dari filsafat pendidikan matematika:
1.      Etis Dualisme yaitu mengatur masalah-masalah tanpa alasan rasional. Hal ini bisa jadi berarti pengetahuan ialah suatu kebenaran, bukanlah kepalsuan.
2.      Multiplisitas yaitu mengakui bahwa adanya pandangan moral yang berbeda-beda di setiap masalah, maka ia sangat menghargai moral apapun bentuknya.
3.      Relativitas yaitu pengembangan dan pengevalusian pengetahuan sesuai dengan prinsip yang sudah diatur. Prinsip yang sudah dianggap konsisten.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx for you'r coming :)

 
Elphin Books Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template