Minggu, 06 November 2016

Aliran Formalisme

           Dalam filsafat pendidikan matematika, terdapat banyak sekali aliran. Salah satu nya adalah aliran formalisme.

            Sekarang saya akan memberi gambaran singkat tentang aliran formalisme. Aliran formalisme dalam istilah populer adalah pandangan bahwa matematika adalah permainan yang dimainkan dengan formal di atas kertas.

            Menurut saya sendiri, aliran formalisme adalah sebuah permainan, sebuah ilmu, yang memainkannya dengan simbol simbol konsisten, dan kebenerannya bisa terbukti. Apa saja simbol simbol konsisten itu? Bisa dengan angka, bisa dengan huruf. Dalam karakteristik matematika sendiri, ada sifat “konsisten dalam sistemnya”, jadi, artinya apa? Simbol simbol itu sudah menjadi konsistensi dalam metematika. Misal saja “2” dibaca “dua”, sebenarnya, bagaimana wujud asli “2” itu? Tidak ada yang tau, karena memang simbol simbol itu dipakai sebagai konsistensi seluruh dunia, bukanlah wujud sebenarnya. Matematika adalah abstrak.

            Aliran formalisme sendiri didukung oleh beberapa tokoh matematika, di antaranya David Hilbert, J. Von Neumann, dan H. Kari. Ketiga tiganya mempunyai tujuan yang sama, yaitu membuktikan bahwa matematika bisa dibuktikan secara konsistensi dengan aksioma aksioma.

            Beberapa tokoh ini membuktikan, bahwa aliran ini sesuai dengan “sistem & struktur matematika” yaitu terdiri dari salah satunya sistem aksioma sebagai pangkal, dan dibuktikan oleh teorema teorema yang dibuat sebagai pernyataan, dan semua itu dibuktikan dengan bukti konsistensi. Namun, Barwise dan Godel menunjukkan, bahwa tidak semua kebenaran matematika bisa dibuktikan secara konsisten.

            Jadi, aliran formalisme telah terbantah, karena tidak semua sistem aksioma matematika bisa dibuktian dengan teorema teorema.

            Sekian penjelasan singkat dari saya tentang aliran formalisme. Jika ada kesalahan dari pandangan saya, silahkan ralat saya di kolom komentar ya ^^ Terima kasih. :)

(Tulisan ini dirangkum dari presentasi teman saya--PMT C kelompok 1-- dan buku The Phylosophy of Mathematics Education oleh Paul Ernest.)

0 komentar:

Poskan Komentar

Thanx for you'r coming :)

 
Elphin Books Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template